Mobil Avanza Masih Kredit? Tetap Perhatikan Perawatan Ini!

Seperti yang kita ketahui bahwa merawat mobil dapat dilakukan oleh siapa saja karena berkendara bukan hanya pekerjaan laki-laki begitu juga perawatan mobil. Anda harus mengetahui tips merawat mobil kredit Avanza agar jauh lebih Prima dan dapat dengan mudah dipakai seperti harga Avanza.

Apa saja tips merawat mobil kredit Avanza agar jauh lebih Prima?

1. Rutin Memanaskan Mesin dan Mengecek Kondisi Ban Mobil

Apabila mobil yang anda miliki jarang dipakai maka ada baiknya mesin tersebut dipanaskan sekitar 3 kali seminggu walaupun mobil tersebut adalah mobil kredit. Hal ini bisa anda lakukan minimal satu kali dalam seminggu agar kualitas oli tidak menurun dan agar jauh lebih baik.

Seperti yang kita ketahui bahwa mesin yang lama tidak dinyalakan akan membuat oli mesin mengendap terlalu lama sehingga begitu mesin dinyalakan akan ada komponen yang seharusnya terlalu masih namun tidak terkena pelumasan.

Hal ini tentunya akan menyusahkan anda dan menyebabkan keausan serta mempercepat proses kerusakan mesin mobil. Itu Anda harus mengetahui tips merawat mobil kredit Avanza agar jauh lebih Prima salah satunya adalah dengan rajin memanaskan mesin mobil yang anda miliki.

Hal ini dilakukan untuk menghindari proses oksidasi yang bisa merusak formula kimia oli mesin. Selain itu Anda bisa mengecek kondisi ban mobil yakni sebelum berkendara selalu mengecek tekanan angin ban tersebut.

Pastikan tekanan angin tersebut sesuai dengan rekomendasi pabrikan agar kenyamanan dan pengendalian mobil saat digunakan menjadi jauh lebih paripurna. Selain itu juga membuat ban menjadi jauh lebih awet Oleh karena itu Anda bisa memeriksa kondisi ban secara berkala.

Untuk memastikan tidak ada benda tajam atau kerikil menancap di alur ban maka anda harus melakukan hal ini. Karena apabila merusak tampak badan membuat ban tersebut bocor halus maka ketebalan telapak ban masih harus dijaga dengan baik.

Hal tersebut untuk menjaga daya cengkeram beban tersebut dan periksa pula kondisi dinding ban dari potensi sobek atau benjol yang membahayakan jika dipaksakan anda pakai secara rutin. Itulah mengapa anda harus merawat mobil kredit Avanza agar jauh lebih prima.

2. Cek Kondisi Cairan Mobil dan Oli Mesin

Anda harus senantiasa melakukan pengecekan ketersediaan air pada reservoir tank sesuai dengan level yang disarankan oleh pabrikan tersebut. Hal ini termasuk memeriksa minyak rem untuk memastikan agar tidak bocor dan jangan lupa juga untuk mengecek ketersediaan air wiper untuk membersihkan kotoran yang terdapat di kaca depan mobil agar menjadi jauh lebih mudah digunakan.

Yang tak kalah penting anda juga harus memeriksa ketersediaan air radiator untuk menjaga suhu mobil dalam batas yang jauh lebih optimal. Usahakan Anda juga harus mengecek oli mesin yang terdapat di dalam mobil agar oli tersebut tetap dalam kondisi yang baik.

Pemeriksa kecekukan oli mesin melalui dipstik memang cukup gampang, namun pada itu biasanya akan terjadi ambang batas oli. Kalau ternyata kurang Anda bisa menambahkannya dan pastikan selalu mengganti mesin oli setiap 10.000 km atau setiap 6 bulan sekali dan tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Pastikan oli yang digunakan adalah oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil.

3. Cek Lampu dan Bersihkan Kendaraan

Perlu diketahui bahwa Anda harus memastikan seluruh lampu mobil berfungsi normal dan tidak ada yang mati karena seperti lampu depan dan belakang untuk membantu daya pandang di malam hari. Hal tersebut juga untuk membuat mobil terlihat oleh pengguna jalan lainnya.

Pastikan pula lampu rem tersebut menyala untuk menghindari mobil ditabrak dari belakang ketika mengurangi laju dan cara mengecilkan juga sangat mudah. Anda hanya tinggal menyalakan dan melihat bayangan sinar lampu di tembok garasi rumah dan segera ganti apabila lampu tersebut mati.

Anda juga harus senantiasa membersihkan kendaraan dari debu baik karpet, jok mobil, dashboard. Pastikanlah dari debu menggunakan vacuum cleaner dan di lab sampai bersih untuk menjaga kenyamanan agar untuk menjaga kesehatan penumpang karena debu memungkinkan membawa bakteri atau sumber penyakit.

4. Perhatikan Servis Secara Berkala

Servis berkala tentunya mempunyai peran yang sangat penting untuk menjaga kondisi kendaraan yang anda miliki. Dengan melakukan servis dapat diketahui hal yang perlu diperhatikan perhatian ekstra atau tidak. Anda juga harus mengetahui hal yang perlu dilakukan penggantian atau tidak. Ada baiknya untuk tidak berkompromi apabila berkaitan dengan keselamatan berkendara karena apabila diperlukan penggantian Anda harus melakukannya.

Agus Tauhidi

Agus Tauhidi

Leave a Reply

Your email address will not be published.